DI ANTARA KEISTIMEWAAN 10 MALAM TERAKHIR BULAN RAMADHAN

As Syaikh Shalih Fauzan bin Abdillah al-Fauzan hafizhahullah berkata,

ومن خصائص هذه العشر: الاجتهاد في قيام الليل وتطويل الصلاة بتمديد القيام والركوع والسجود وتطويل القراءة وإيقاظ الأهل والأولاد ليشاركوا المسلمين في إظهار هذه الشعيرة ويشتركوا في الأجر ويتربوا على العبادة. د وقد غفل كثير من الناس عن أولادهم فتركوهم يهيمون في الشوارع ويسهرون للعب والسفه ولا يحترمون هذه الليالي ولا تكون لها منزلة في نفوسهم وهذا من سوء التربية. وإنه لمن الحرمان الواضح والخسران المبين أن تاتي هذه الليالي وتنتهي وكثير من الناس في غفلة معرضون لا يهتمون لها ولا يستفيدون منها يسهرون الليل كله ادأو معظمه فيما لا فائدة فيه أو فيه فائدودة محدودة يمكن حصولهم عليها في وقت آخر. ويعطّلون هذه الليالي عمّا خصّصت له، فإذا جاء وقت القيام ناموا، وفوتوا على أنفسهم خيرا كثيرا لعلهم لا يدركونه في عام آخر فقد حملوا أنفسهم وأهليهم وأولادهم أوزارا ثقيلا لم يفكر في سوء عاقبتها. وقد يقول بعضهم: إن هذا القيام نافلة وأنا يكفيني المحافظة على الفرائض.

Di antara keistimewaan (kekhususan) sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan ialah dengan bersungguh-sungguh menunaikan shalat Tarawih dan memperpanjangnya saat berdiri, rukuk, sujud, memperpanjang pula dalam bacaan al-Qur'annya. Demikian pula membangunkan keluarga dan anak-anaknya agar turut serta bersama kaum muslim dalam menampakkan syiar Islam ini, sehingga bersama-sama dalam meraih pahala dan terdidik dalam ibadah. 

Sungguh, banyak sekali manusia yang melalaikan anak-anaknya. Mereka biarkan anak-anaknya bermain di jalanan, begadang hanya untuk bermain dan melakukan hal-hal yang tidak pantas. Sehingga, merekapun tidak memuliakan malam-malam ini, tidak pula 10 malam terakhir tersebut, memiliki kedudukan di hati-hati mereka. Ini merupakan pendidikan yang buruk. 

Merupakan keterhalangan yang jelas (dalam meraih ganjaran dan kemuliaan pada 10 malam terakhir ini) dan juga kerugian yang nyata, yaitu ketika datang sepuluh hari terakhir Ramadhan, manusia malah masih dalam keadaan berpaling dan  mengerjakan hal-hal yang sia-sia. 

Mereka tidak mengutamakan malam-malam ini, tidak pula mengambil kebaikan darinya. Mereka habiskan sepanjang malam atau sebagian besar dari malam-malam tersebut hanya untuk sesuatu yang tak berfaedah, atau mungkin ada faedahnya namun terbatas (tidak banyak), yang sebenarnya bisa ia raih di waktu-waktu lainnya.

Sehingga mereka menyia-nyiakan 10  malam terakhir di bulan Ramadhan tersebut, dari berbagai kemuliaan dan perkara yang telah diistimewakan padanya. Apabila datang waktu untuk berdiri beribadah, salat tarawih, mereka malah tidur. Akibatnya mereka terluputkan dari kebaikan yang banyak, padahal bisa saja mereka tidak menjumpai bulan Ramadhan atau malam-malam tersebut di tahun depan. Sungguh, mereka telah membawa diri mereka, keluarga mereka, dan anak-anak mereka kepada dosa yang berat, mereka tidak memikirkan kejelekan akibatnya. Bahkan di antara mereka ada yang berkata, "shalat tarawih, melakukan ibadah-ibadah di malam tersebut adalah sunnah, adapun saya, hanya mencukupkan mengerjakan hal-hal yang wajib-wajib saja."

Sumber: Kitab Majalis Syahri Ramadhan al-Mubarak, cet. Daarul Furqan hal. 240, karya asy Syaikh Sholih Al Fauzan hafizhahullah 


Nafa'allahu bihil jamii'

Ishlah Lahamido.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama